Jumat, 05 April 2013

SEJARAH BARISAN MAHASISWA KAIMANA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Berdirinya Organisasi Barisan Mahasiswa Kaimana Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan buah dari kesadaran kritis mahasiswa/i Kaimana di Yogyakarta akan arti pentingnya sebuah wadah pemberdayaan yang representatif. Gagasan ini muncul seiring dengan realitas Mahasiswa Kaiamana di Yogyakarta, serta perkembangan daerah dihadapkan pada berbagai problematika yang komplek dan menuntut tanggung jawab bersama, termasuk Bamana D.I.Yogyakarta.


Berangkat dari gagasan di atas maka mahasiswa asal Kaimana di Yogyakarta merasa penting untuk dibentuk sebuah wadah (organisasi) yang pada intinya bersifat kedaerahan dengan harapan dapat menghimpun mahasiswa serta seluruh masyarakat Kaimana yang berdomisili di Yogyakarta. Dengan mempertimbangkan semua pandangan dan kemudian dituangkan dalam satu bentuk cita-cita yang lebih maju maka telah diputuskan untuk harus terbentuknya sebuah wadah atau Organisasi. Dengan berbagai upaya yang dilakukan mahasiswa maka terbentuklah sebuah wadah yang bernama Barisan Mahasiswa Kaimana, dan disingkat dengan nama Bamana D.I.Yogyakarta.

Bamana D.I.Yogyakarta didirikan pada tanggal 24 Februari 2002. Terbentuknya organisasi Bamana tersebut merupakan bukti kerja cerdas dari para alumni Yogyakarta pada waktu itu, para penggagasnya adalah sbb; Aser Nauseni, Safar Furu, Andreas Fenetiruma, Beni Irupiaru, Jance Nasira, Yustus Monenggue, Isak Tambawang, Nahmidin Puarada serta masih banyak yang tidak sempat disebutkan.

Bamana memiliki Lambang dan Arti sbb;



1. Lambang berbentuk Persegi empat adalah menggambarkan Masyarakat, Pemerintah, Agama, dan Adat
2. Lambang bintang sebanyak delapan buah adalah menggambarkan delapan suku di Kab. Kaimana
3. Lambang warna hijau adalah menggambarkan hutan
4. Lambang warana bulat merah adalah menggambarkan matahari
5. Lambang warna biru adalah menggambarkan laut
6. Lambang warna hitam persegi tiga adalah menggambarkan layar, perahu dan parang yang merupakan alat utama dalam proses mata pencaharian masyarakat kaimana.

Badan Pengurus Bamana pada saat itu adalah sbb; Aser Nauseni (Ketua), Safar Furu (Sekretaris), Isak Tambawang (Bendahara), dan masa kepengurusan ini pada tahun 2002-2005 kemudian karena masa kepengurusan tersebut akan berakhir maka dilakukan reorganisasi/pergantian badan pengurus. Pada reorganisasi tersebut telah terpilih dan dilatik pengurusnya sbb; Joel Sawi (Ketua), Nursia Sether (Sekretaris), Yuli Buluroy (Bendahara), kemudian masa kepengurusan ini berlanjut hingga tahun 2008 (2006-2008). 

Pada tahun 2009 Bamana terjadi kevakuman (kekosongan) Badan Pengurus sehingga dalam satu tahun 2009 Bamana berada dalam keadaan mengambang. Kemudian pada tahun tersebut (2009) tepatnya pada bulan desember mahasiswa Kaimana berinisiatif untuk membentuk BPH Bamana yang baru, dan maksud baik ini terwujud yaitu, Bamana D.I.Yogyakarta berhasil dibentuk kembali pada tanggal 12 Desember 2009, namun karena dalam keadaan darurat maka proses pembentukan BPH ini dilaksanakan tidak sebagaimana mestinya, dengan kata lain tidak melalui pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Ruma Tangga (AD & ART).

Dengan kondisi demikian namun tidak mengurangi semangat mahasiswa, mereka tetap konsisten hingga pembentukan BPH pun berakhir, dalam pembentuakan BPH tersebut telah terpilih dan dilatik BPH sbb; Nikolaus Monenggue (Ketua), Nursia Sether (Sekretaris), Yansen Sawi (Wakil Sekretaris), Hermelo Furua (Bendahara), kemudian masa kepengurusan tersebut berlangsung pada tahun 2010-2012.

Setelah itu kemudian dilakukan reorganisasi. Pada reorganisasi tersebut telah terpilih dan dilantik pengurusnya sbb; Muamar Furu (Ketua), Ela Jamila (Sekretaris), Alhamidin Tonoy (Wakil Sekretaris), Bindia G. Aitwarau (Bendahara). Masa kepengurusan ini hingga sekarang dan Kemudian sesuai dengan AD & ART yang telah dibahas bersama maka masa kepengurusan ini akan berakhir pada tahun 2014, sebab batas masa kepengurusan ini selama dua tahun.


Demikian sejarah singkat tentang berdirinya Bamana D.I.Yogyakarta.


BAMANA ADALAH PEJALAN KAKI 
NAMUN BAMANA TIDAK PERNAH BERJALAN MUNDUR



OLEH SEBAB ITU, 
HIASILAH HIDUP ANDA DENGAN MENINGGALKAN JEJAK DAN DIKENANG MASSA

3 komentar:

  1. kritik dan saran anda sangat kami harapkan, demi kesempurnaan tulisan singkat ini.

    BalasHapus
  2. Tambahan saja... broo terbentuknya BAMANA di kontrakan sodara rizal hasanusi.. abang ical yang bendahara pertama.. 1 tahun pertama jalan... beliau lulus kuliah dan bendahara di gantikan oleh isak tambawang... rapat pembentukan BAMANA se ingat saya. Ada juga pak Abdul rahim kepala bapedda.. beliau saat itu kuliah s2.

    BalasHapus
  3. Tambahan saja... broo terbentuknya BAMANA di kontrakan sodara rizal hasanusi.. abang ical yang bendahara pertama.. 1 tahun pertama jalan... beliau lulus kuliah dan bendahara di gantikan oleh isak tambawang... rapat pembentukan BAMANA se ingat saya. Ada juga pak Abdul rahim kepala bapedda.. beliau saat itu kuliah s2.

    BalasHapus

-

z4 s3n4nG k4w4nG ko m4mpiR di z4 pu BloG

SELAMAT DATANG DI HALAMAN BLOG AKU

TINGGALKAN PESAN ANDA DISINI


ShoutMix chat widget

Pengikut